Ditolak Pembangunan Perumahan PNS Kolaka

By Ismail Marzuki 16 Mei 2018, 07:43:45 WIBFokus Daerah

Ditolak Pembangunan Perumahan PNS Kolaka

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com/


FORSDA DAN WARGA : AKAN BERDAMPAK BUDAYA DAN LINGKUNGAN

Rencana Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk membangun perumahan atau BTN di Desa Tikonu Kecamatan Wundulako yang diperuntukan khusus Pegawai Negeri Sipil yang ada di Kabupaten Kolaka. Mendapat penolakan keras dari LSM Forsda Kabupaten Kolaka serta masyarakat setempat. Sebab, ketika perumahan BTN akan dibangun, banyak dampak yang akan ditimbulkan.

“Makanya, saya sebagai Ketua Forsda Kabupaten Kolaka sekaligus bersama masyarakat setempat, kami menolak pembangunan perumahan PNS di Desa Tikonu ini,” ungkap Djabir kepada wartawan Koran ini kemarin.

Ada dua dampak besar yang harus dipertimbangkan jika pemerintah kedepannya akan tetap ngotot membangun BTN di Desa Tikonu lanjut Djabir. Pertama, dampak budaya dan kedua dampak lingkungan. Untuk dampak budaya kata pria yang juga Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Kolaka ini, situs budaya yang ada di Desa Tikonu akan terkikis. Sebab, sudah pasti akan ada pengaruh sosial budaya yang akan berubah. Karena, Pemda Kolaka pernah menunjuk Desa Tikonu menjadi salah satu desa adat dan kawasan budaya di Kolaka.

“Jadi sangat riskan jika akan dibangun BTN. Sebab, pasti sosial budaya akan berpengaruh dan akan menghilangkan status desa Tikonu. Selain itu, setelah kita turun dilapangan dan melihat langsung, ternyata lokasi pembangunan BTN itu, hanya sekitar 300 meter dari makam Sangia Nibandera,” ungkapnya.

Sementara untuk dampak lingkungannya lanjut Djabir, terdapat beberapa Desa termasuk kelurahan, wilayah Wundulako dan sekitarnya yang masuk wilayah irigasi tempat persawahan akan kena dampaknya, sehingga harus dilindungi. Misalnya Desa 19 November, Wundulako Kowioha dan Desa Unamendaa. “Dibeberapa wilayah itu, ada sekitar 1000 hertar persawahan akan terancam jika kedepannya akan dibangun BTN, karena limba rumah tangga akan masuk kesaluran sawah. Karena, BTN ada dilokasi ketinggian,” tuturnya.

Untuk itu kata Djabir, yang menjadi pertanyaan warga ketika akan membangun BTN terkait Amdalnya. Apakah sudah pernah disosialisakan atau belum. “Sepengetahuan saya memang sudah pernah dilakukan sosialisasi. Tapi yang diundang kala itu, hanya orang-orang tertentu saja, bukan secara keseluruhan warga Wundulako, seharusnya kami diundang semua, apalagi untuk penyusunan pra amdal. Itu harus disosialisasikan di Kecamatan Wundulako, Karena bukan hanya Desa Tikonu kedepannya yang akan kena dampaknya. Tapi, desa dan lurah lainnya juga akan kena,” keluhnya.

Terkait luas lokasi yang akan dibangunkan BTN itu, Djabir menuturkan, luasnya terdapat 32 hektar. “Saya tau, tanah masyarakat dan ketika itu dilakukan ganti rugi, masyarakat dipengaruhi untuk dibeli, tapi dana yang digunakan dana kompensasi dari PT Aneka Tambang dan ketika itu, masih eranya Buhari Matta sebagai bupati Kolaka,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, sebagai bentuk penolakan Forsda dan masyarakat setempat terkait pembangunan BTN itu, belum lama ini pihaknya telah membagikan selebaran berupa panflet kepada masyarakat. Dalam panflet kata Djabir, berisikan tentang penolakan terhadap pembangunan BTN dan itu sudah dibagi-bagikan kepada masyarakat.

“Dari Forsda jelas menolak, termasuk beberapa warga Desa Tikonu ada yang menolak, bahkan masih ada yang belum tau akan dibangun BTN, sehingga ketika mereka sudah tau, mereka menolaknya. Sebab, dampak besar dan jika Pemda masih tetap akan ngotot membangun BTN,
Forsda bersama dengan masyarakat akan melakukan unjuk rasa penolakan. Namun untuk saat ini, masih sebatas pembagian panflet saja yang berisi tentang penolakan pembangunan BTN di Desa Tikonu,” tutupnya. (ing)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. streaming bola 22 Mei 2018, 01:42:02 WIB

    Ada dua dampak besar yang harus dipertimbangkan jika pemerintah kedepannya akan tetap ngotot membangun BTN di Desa Tikonu lanjut Djabir

View all comments

Write a comment

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang

Komentar Terakhir

  • Kursus Internet Marketing DUMET School

    Beritanya bagus dan info rmasinya juga keren.. salam hangat dari kami ...

    View Article
  • niat sholat idul fitri

    walau tidak menyebabkan korban jiwa, bencana banjir serta puting belitung yang ...

    View Article
  • niat sholat idul fitri

    Penilaian perlombaan desa itu memiliki kandungan arti sendiri karna bisa memberi ...

    View Article
  • tvri

    Saya bersyukur kalau ada yang serahkan kartu KIS karena menganggap yang lain lebih ...

    View Article