Peringatan HPN 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis

By Ismail Marzuki 13 Feb 2018, 10:44:17 WIBTokoh

Peringatan HPN 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis

Keterangan Gambar : Dahlan Iskan. Foto : http://butonpos.fajar.co.id


 Para peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Dahlan Iskan didaulat menjadi salah pembicara pada Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Grand Inna, Padang, kemarin (8/2).

Dia menekankan, pada saat media online semakin menjamur, jurnalis surat kabar memiliki tantangan yang berbeda. Salah satunya adalah menghasilkan karya jurnalistik yang indah. Pesan Dahlan itu sekaligus menjawab beberapa pertanyaan mengenai eksistensi jurnalis surat kabar pascarevolusi digital terjadi.

Menurut Dahlan, surat kabar memiliki kelemahan dalam hal kecepatan pemberitaan. Karena itu, jurnalis surat kabar harus lebih tertantang membuat karya jurnalistik yang indah. “Sebab, karya jurnalistik yang biasa-biasa saja kan sudah bisa didapat di online yang lebih cepat,” ujar Menteri BUMN periode 2011-2014 itu.

Untuk menghasilkan karya jurnalistik yang indah, Dahlan memberikan tip sederhana. Yakni, rajin-rajinlah membaca novel yang baik. “Saya sampai hari ini, setiap bulan setidaknya membaca satu novel. Dari sana bisa mendapatkan inspirasi menulis yang baik,” terang pria yang turut mendorong lahirnya semangat pengembangan mobil listrik di Indonesia itu.

Dahlan juga menyoroti mudahnya mendirikan media online di Indonesia saat ini. Dia pun berpesan agar produk yang dihasilkan media-media tersebut tidak melanggar kode etik.

“Yang penting niatnya baik, untuk menghidupi anak, istri, dan keluarga, menjaga eksistensi diri sebagai wartawan. Dan jangan memeras,” tegasnya.

Selain Dahlan, Konvensi Nasional Media Massa kemarin dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa pers menjadi salah satu pemangku kepentingan dan aktor dominan dalam proses pembangunan negara.

“Pemerintah menggunakan pers untuk menyalurkan informasi dan mengedukasi serta menyampaikan program-program pembangunan oleh pemerintah,” kata perempuan yang pernah menjabat direktur Bank Dunia tersebut. (ril/gun/c10/fat)

Sumber : http://butonpos.fajar.co.id



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang

Komentar Terakhir

  • Bu Roso

    wah musti sering diadakan ini ...

    View Article
  • Office Supplies

    Penggunaan bahasa yang baik tidak hanya perlu diterapkan di media massa tapi juga di ...

    View Article
  • Reksadana Saham

    Semoga dana investasinya bisa digunakan untuk hal yang lebih berguna lagi. Saat ini ...

    View Article
  • kontraktor bangunan

    memang unutk memilih kontraktor pembangunan harus selektif karena bnayak ...

    View Article