2.293 Nelayan Kolaka Diasuransikan

By Ismail Marzuki 09 Apr 2018, 09:22:57 WIBEkonomi

2.293 Nelayan Kolaka Diasuransikan

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com/


Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kolaka mencatat sedikitnya ada 2.293 nelayan di Kolaka sudah di asuransikan oleh pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah. Asuransi nelayan yang ada di Kolaka sejak 2017 lalu.

Kepala DKP Kolaka, Safruddin kepada Kolaka pos mengatakan jumlah itu sejalan dengan target nasional yang diusulkan Dinas Perikanan. Menurutnya, program asuransi di wilayah tersebut telah berjalan selama dua tahun. Dan menghasilkan 2.293 nelayan memiliki asuransi tersebut.

“Memasuki tahun 2018 banyak nelayan yang mendaftar agar bisa di data dan masuk dalam program asurasi nelayan,” kata Safruddin.

Dia berharap kepada masing-masing pemerintah desa yang mayoritas masyarakatnya hidup dari penghasilan melaut aktif, melakukan pendataan terhadap nelayan yang belum mendapatkan bantuan.

“Kita khawatirkan jangan sampai masih ada kelompok nelayan yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa asuransi nelayan.,” ujarnya.

Selama program asuransi nelayan berlangsung, Dinas Perikanan Kolaka sudah menyantuni sekitar 3 nelayan yang meninggal saat sedang tidak melaut.

“Jadi kalau meninggal di darat mendapatkan asuransi sebesar Rp 160 juta setiap orang, sedangkan kalau meninggal saat sedang melaut akan mendapatkan asuransi hingga 200 juta rupiah,” jelas Safruddin.(hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook