32 Cabor Berlomba di Porprov Kolaka

By Ismail Marzuki 17 Apr 2018, 07:41:44 WIBFokus Daerah

32 Cabor Berlomba di Porprov Kolaka

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com/


Teka-teki jumlah Cabang Olahraga (Cabor) yang bakal dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2018 ini akhirnya terjawab. Sebab, berdasarkan hasil pertemuan antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) tingkat Provinsi Sultra dan beberapa Koni Kabupaten dan Kota setempat, telah disepakati terdapat 32 Cabor yang akan diperlombakan untuk menjadi terbaik di bumi mekongga itu. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak
kepada beberapa rekan media saat ditemui di ruang kerjanya pada akhir pekan kemarin.

Pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Kabupaten Kolaka ini lalu menambahkan, dari 32 Cabor yang sudah disepakati tersebut, tidak semua pelaksanaanya dipusatkan di wilayah ibukota Kabupaten Kolaka. Melainkan, ada beberapa Cabor yang rencananya bakal dilaksanakan luar ibukota Kabupaten Kolaka. “Ada 10 Cabor rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Pomalaa dengan menggunakan venue atau arena milik PT Antam. Sisanya atau 22 Cabor akan dilaksanakan di pusat Kabupaten Kolaka dan tidak ada pelaksanaanya di luar
Kabupaten Kolaka,” tuturnya tanpa menjelaskan Cabor apa saja yang akan dipertandingkan di Kecamatan Pomalaa.

Kepastian terkait semua Cabor akan dipertandingkan di Kabupaten Kolaka katanya, berdasarkan hasil investigasi atau kesiapan sarana semua olahraga yang akan diperlombakan pada agenda empat tahunan itu. “Semua venue telah siap. Jadi, sudah bisa kami pastikan, bahwa tidak ada yang akan diperlombakan di Kabupaten atau Kota lain selain Kolaka. Kami siap,” jelasnya.

Terkait anggaran dari pemerintah Provinsi Sultra yang mencapai Rp. 10 M, lanjut mantan Camat Watubangga ini, saat ini sudah sementara dalam proses. Karena, Pj Gubernur Sulta belum lama ini sudah menyetujuinya. “Sudah ada laporan dan informasi dari pihak keungan Pemkab Kolaka, bahwa Pj Gubernur Sultra sudah menyetujuinya, sehingga dalam waktu dekat ini sudah ada dan akan segera dicairkan untuk diserahkan kepada Pemkab Kolaka,” katanya.

Ia juga menambahkan, meskipun ada bantuan dari pemerintah provinsi Sultra tersebut, anggarannya masih kurang. Sebab, berdasarkan hasil estimasi dan evaluasi awal berdasarkan investigasi semua kebutuhan untuk mensuskeskan kegiatan olahraga tersebut, jumlah yang dibutuhkan mencapai Rp, 35 M secara keseluruhan. Jumlah itu tambah Hasbir kembali berkurang pasca hasil kerja semua tim dilapangan dengan melakukan desain untuk mendekatkan angka evisiensi pembiayan, telah menghasilkan sekitar Rp. 16 M. Jumlah itu masih diperkecil lagi untuk mendekatkan pada angka nominal yang sudah ada yakni, Rp. 10 M. Tapi, untuk pastinya, nanti akan disampaikan langsung oleh Pjs bupati Kolaka pada saat Musrenbang tingkat Provinsi nanti di Kota Kendari dalam waktu dekat ini, sekaligus akan menayangkan beberapa kesiapan venua yang ada.

“Yang jelas, kami masih butuh sekitar Rp, 20 M. Itupun juga, kami berharap sudah inkluk dengan persiapan perlengkapan alat dan bahan persiapan Porprov. Sementara untuk bantuan dari pemerintah provinsi Sultra yang Rp. 10 M. Itu dikhususkan untuk pembangunan sarana infrastruktur atau venue beberapa Cabor,” tutupnya dengan harapan, pihaknya. selain sukses penyelanggaran juga sukses prestasi, dengan menjadikan kolaka sebagai juara umum. (ing/hen)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. SEO Backlink 09 Feb 2019, 03:53:56 WIB

    I visited many web pages except the audio feature for audio songs
    existing at this website is in fact superb.