Banyak Kantor Lurah di Kolaka Tidak Layak

By Ismail Marzuki 28 Nov 2018, 09:10:37 WIBFokus Daerah

Banyak Kantor Lurah di Kolaka Tidak Layak

Keterangan Gambar : Bupati Kolaka, Ahmad Safei didampingi sejumlah pejabat saat melakukan Sidak di sejumlah kantor kelurahan. Foto : https://publiksatu.com


Dalam kunjungan kerjanya, Kamis (22/11) lalu, di beberapa kantor kelurahan, Bupati Kolaka, Ahmad Safei menemukan hal tidak biasa dalam struktur organisasi di kantor Kelurahan Balandete. Pada lembaran daftar hadir pegawai, bupati yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, menemukan PNS fungsional umum (staf) berpangkat/golongan III/d.

Temuan itu sempat membuat bupati bertanya-tanya. Lazimnya, dalam sebuah organisasi pemerintahan, seorang PNS dengan pangkat lebih tinggi tidak dibawahi oleh pejabat dengan pangkat lebih rendah. Namun di Kelurahan Balandete, Kecamatan Kolaka, hal itu ternyata tidak berlaku.

Seorang PNS pangkat/golongan III/d dengan gelar pendidikan “S.STP, ME” justru hanya berstatus staf dan dibawahi seorang lurah dengan pangkat/golongan III/b.

Tidak hanya menemukan ketidaklaziman dalam struktur organisasi, bupati juga menemukan fakta lain bahwa sebagian kantor lurah dalam Kota Kolaka ternyata jauh dari kesan layak. Beberapa kantor kelurahan ada yang hanya bisa menampung aktivitas kantor untuk lurah saja. Sementara Seklur, Kasi dan fungsional umum lainnya justru berkantor di tempat lain.

Sekab Kolaka, Poitu Murtopo mengaku kaget dengan temuan bupati tersebut. Awalnya ia berusaha meyakinkan bahwa dalam lingkup Pemkab Kolaka tidak ada PNS di kelurahan yang dibawahi seorang lurah berpangkat lebih rendah, kecuali faktor lain seperti sanksi disiplin. Namun setelah menghubungi Kepala BKDSDM, Mujahidin, dan memperoleh penjelasan, Poitu pun membenarkan hal itu.

“Temuan pak bupati memang benar ada PNS golongan III/d, alumni STPDN dan bergelar magister menjadi staf, tapi itu atas permintaan sendiri. Yang bersangkutan minta jadi staf saja, karena mau merawat orang tuanya yang sakit,” jelas Poitu yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/11).

Mengenai kondisi kantor kelurahan yang tidak layak, Poitu menolak mengomentari hal itu. “Itu mungkin sebaiknya ditanya ke camatnya saja, kondisi lapangan mereka lebih tahu,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam satu pekan terakhir Bupati Kolaka, Ahmad Safei bersama pejabatnya aktif meninjau aktivitas pelayanan di semua kantor kelurahan dalam wilayah Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Selain untuk memastikan kesiapan masyarakat menyambut perhelatan Porpov Sultra XIII, bupati juga hendak melihat langsung pelayanan publik di semua kantor kelurahan. (m6)

Sumber : https://publiksatu.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook