Bupati Kolaka Buka Rakor dan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

By Ismail Marzuki 27 Jan 2020, 13:20:36 WIBFokus Daerah

Bupati Kolaka Buka Rakor dan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Keterangan Gambar : Bupati Kolaka saat memberikan sambutan. Foto : IM


Bertempat di ruang Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Senin 27 Januari 2020, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, SH, MH membuka secara resmi Rapat Koordinasi dan Sosialisasi dalam rangka Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020. Didampingi Sekretaris Daerah Drs. H Poitu Murtopo, M.Si dan Kepala BPS Kolaka, serta dihadiri oleh Forkominda, Ka OPD, Camat dan instansi vertikal, Bupati menyampaikan bahwa salah satu indikator untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa adalah adanya data yang valid.

Lebih lanjut, beliau melanjutkan bahwa tidak boleh lagi ada akal-akalan dan menyusunan satu data ini. Karena sangat berkaitan dengan Pilkada, Pileg dan lain lain serta sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan.

Diharapkan tidak ada lagi perbedaan data antara instansi, misalnya sesuai data dari Disdukcapil Kolaka bahwa jumlah penduduk Kabupaten Kolaka 234.006 jiwa sedangkan versi BPS berjumlah 296.827 jiwa.

Dalam sensus penduduk ini menghabiskan dana sebesar Rp. 2-3 Trilyun untuk seluruh Indonesia. Presiden menyebutkan bahwa data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan.

Sensus Penduduk akan dimulai pada tanggal 15 Februari s/d 31 Maret 2020 (Online) dan dilanjutkan secara offline hingga bulan Juli 2020. Adapun cara melakukan sensus penduduk online adalah :

  1. Buka aplikasi browser internet pada perangkat telpon genggam, tablet, laptop atau komputer.
  2. Kilk laman resmi (website) sensus.bps.go.id dan lakukan login.
  3. Isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap.
  4. Unduh bukti telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online pada tampilan halaman terakhir.
  5. Selesai.

(IM)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook