Di Kolaka Masih Ada Sayuran Mengandung Pestisida Berlebihan

By Ismail Marzuki 30 Jul 2018, 07:57:05 WIBKesehatan

Di Kolaka Masih Ada Sayuran Mengandung Pestisida Berlebihan

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://metrobali.com


Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka mengimbau kepada masyarakat agar waspada mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan yang mengandung residu pestisida.

Sebelum mengkonsumsi untuk membersihkan terlebih dahulu dengan air yang mengalir. Pasalnya,pestisida jika terlalu banyak di konsumsi oleh tubuh, akan menyebabkan terjadi kanker dan penyakit lainya.

Kepala Dinas Ketahaman Pangan Kolaka Gentur Agus Sutardjo Kepada Kolaka Pos mengatakan kandungan residu pestisida pada sayur mayur maupun buah-buahan sangat mudah di jumpai oleh masyarakat di pasar-pasar baik pasar tradisional.

“Ciri-ciri bahan pangan terkandung residu pestisida dari kasat mata bisa dilihat dari tekstur fisiknya yakni bahan pangan itu tampak mengkilat, licin, menarik dan tidak buruk. Hal itu terlihat lantaran bahan pangan seperti sayur dan buah jika sudah di semprot residu pestisida tidak ada ulat dam serangga lainya,” ujar Gentur.

Menurutnya, selain itu kondisinya lebih terlihat segar dibanding dengan sayur mayur dan buahan organik yang biasanya cepat busuk ataupun layu dalam hitungan hari atau jam.

“Masyarakat Kolaka harus cerdas dalam memilih sayur untuk di konsumsi keluarganya. Jangan melihat karena sayuran mulus langsung memilih sayuran tersebut. Sayuran yang banyak mengandung pestisida yang berlebihan itu masih ada seperti sayuran Kol itu banyak yang mengandung pstisida berlebih. Kalau mau sehat sebaiknya masyarakat menanam sendiri,” ujar Gentur.(hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang