Dinas Ketahanan Pangan Kambangkan RPL

By Ismail Marzuki 18 Jul 2018, 10:01:13 WIBFokus Daerah

Dinas Ketahanan Pangan Kambangkan RPL

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com


Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kolaka terus mengembangkan Rumah Pangan lestari (RPL), pengembangan RPL dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat untuk mendapatkan pangan yang baik dan sehat.Untuk di kabupaten Kolaka pada lima RPL yang akan dibentuk oleh Dinas Tanaman Pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Gentur Agus Sutardjo kepada Kolaka Pos mengatakan program kawasan rumah pangan lestari akan terus ada di Kolaka. Untuk 2018 ini ada lima lokasi yang akan dijadikan RPL yaitu di kecamatan Kolaka dua titik, dikecamatan Pomalaa satu titik,Latambaga satu titik dan Toari satu titik.

“Tujuan RPL adalah agar masyarakat yang ada di wilayah tertsebut tidak tergantung pada pangan yang berasal dari luar daerah Kolaka. Intinya adalah masyarakat sendiri yang menanam dan bisa memanfaatkan hasilnya,” ujar Gentur.

Lanjut ia mengatakan untuk satu RPL harus mempunyai sebaran minimal 30 kepala keluarga. Dalam RPL nantinya akan ada tanaman yang akan menjadi benih, setelah menjadi benih maka 30 kepala keluarga bisa mengembangkan tanaman tersebut.

“Nanti di RPL akan ada benih, bayam, terung, jagung, dan banyak lagi. Intinya adalah masyarakat bisa memanfaatkan lingkungan yang masih belum produktif,” tambahnya.

Dengan hadirnya RPL diwilayah kecamatan di harapkan masyarakat sekitar bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarganya, dengan pola yang sehat tanpa menggunkan bahan kimia.

“Jika tanam sendiri masyarakat pasti menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Pupuk juga akan menggunkan pupuk organik. Kalau masyarakat Kolaka bisa membuat RPL insyaallah semua masyarakat akan kecukupan terutama kebutuhan sayurnya,” tambah gentur. (hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook