Distribusi ke Kolaka Terhambat, Harga Bawang Putih Naik

By Ismail Marzuki 22 Mar 2018, 06:53:29 WIBEkonomi

Distribusi ke Kolaka Terhambat, Harga Bawang Putih Naik

Keterangan Gambar : Harga bawang putih di wilayah Kolaka mengalami lonjakan. Distribusi yang tersendat menjadi penyebab kenaikan harga bumbu dapur tersebut. Foto : ZU LFADLY NUR/ KENDARI POS


Sejak dua minggu terakhir, harga bawang putih pada sejumlah pasar tradisonal di Kabupaten Kolaka mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga bawang putih hanya 25 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 30 ribu. Kepala Seksi Pengendalian Bahan Pokok Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Sauda, mengungkapkan, kenaikan harga bawang putih disebabkan kurang lancarnya distribusi dan tingginya permintaan.

“Memang stok bawang putih secara umum masih tersedia. Tapi bawang putih yang didatangkan dari Surabaya itu dibeli dengan harga agak mahal. Jadi distribusinya tidak sebanyak dibanding sebelumnya,” jelasnya, Selasa (20/3). Sauda mengaku, pihaknya tidak dapat berbuat banyak dengan kenaikan harga bawang putih. Namun, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap harga bawang putih.

“Memang kami tak bisa menindak. Tapi kalau ada pedagang yang menaikan harga secara berlebihan dan sepihak maka kami akan introgasi dan memintanya menjual dengan harga yang wajar,” ujarnya. Dari pantuan di Pasar Raya Mekongga, sejumlah ibu rumah tangga mengeluhkan kenaikan harga bawang putih. “Bawang putih ini adalah salah satu kebutuhan pokok kami untuk memasak. Jadi dengan naiknya harga bawang putih ini, maka otomatis biaya untuk bahan baku lebih mahal,” kesal Lili, salah satu pemilik warung makan di Kolaka. (c/fad)

Sumber : http://kendaripos.co.id



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook