Gugus Tugas Kolaka Siapkan Tenaga Medis untuk Pengambilan Sampel Tes Swab

By Ismail Marzuki 11 Mei 2020, 08:59:12 WIBKesehatan

Gugus Tugas Kolaka Siapkan Tenaga Medis untuk Pengambilan Sampel Tes Swab

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://zonasultra.com


Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan sejumlah tenaga medis yang dilatih pengambilan sampel lendir dari dalam hidung dan tenggorok untuk pemeriksaan swab (swab test) Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr. Muhammad Aris mengatakan, tenaga medis tersebut dilatih oleh tim tenaga medis dari gugus tugas provinsi. Mereka dilatih cara pengambilan sampel lendir orang baik itu yang reaktif, suspect maupun positif Covid-19.

“Mereka sudah terbiasa dengan pengambilan sampel, hanya perlu memang dilatih prosedur untuk Covid-19 ini,” ujarnya di Kolaka, Minggu (10/5/2020).

Dengan siapnya tenaga medis maka pengambilan sampel pemeriksaan swab tidak harus dilakukan di luar Kolaka. Tenaga medis hanya perlu mengambil sampel swab pasien kemudian menyimpan pada virus transfer media (VTM).

Selanjutnya, kata dr Aris, sampel tersebut yang akan dikirim ke Litbangkes Makassar untuk pemeriksaan laboratorium lebih lanjut. Sehingga dengan langkah ini pasien tidak perlu lagi dikirim ke Kendari untuk melakukan pengambilan sampel pemeriksaan swab.

“Jadi orangnya tidak dikirim lagi. Karena pengambilannya sudah akan dilakukan di Kolaka,” jelas dr. Aris.

Aris mengungkapkan, saat ini pemerintah provinsi sedang berupaya melakukan pengadaan alat pemeriksaan swab di Rumah Sakit (RS) Bahteramas. Menurutnya, dengan adanya alat pemeriksaan swab dapat memudahkan dan mempercepat keluarnya hasil pemeriksaan pasien.

Kendati demikian, upaya dan langkah strategis saat ini yang sedang diupayakan oleh pemerintah kabupaten setempat adalah menyiapkan tenaga medis untuk pengambilan sampel pemeriksaan swab bila ada pasien reaktif rapid test. Nantinya, tenaga medis ini bisa selalu disiagakan di rumah sakit maupun di dinas kesehatan.

“Timnya terpadu, ada dari Rumah Sakit Benyamin Guluh, Laboratorium Dinas Kesehatan,” ucapnya. (b)

 

Sumber : https://zonasultra.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook