Harga Cabai di Kolaka Naik

By Ismail Marzuki 25 Jun 2018, 08:13:58 WIBEkonomi

Harga Cabai di Kolaka Naik

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com


Harga komoditas cabai merangkak naik sejak Ramadhan bahkan Pasca seminggu Lebaran, harga cabai masih melambung tinggi hingga Rp45.000 per kilogram. Padahal baisanya harga cabai hanya Rp.25.000 perkilogramnya. (kg).

Pantauan Kolaka Pos di Pasar raya Mekongga Kolaka, harga cabai berkisar Rp40.000-45.000 per kg. Harga ini untuk seluruh jenis cabai, baik cabai rawit, cabai hijau, maupun cabai merah keriting.Salah satu pedagang Nur menyatakan, kenaikan ini didorong pasokan cabai yang lebih sedikit ketimbang tingkat permintaan. Hal ini menyusul hari libur Lebaran yang panjang, sehingga pengiriman dari Sulawesi Selatan terhambat.

“Kalau puasa naik semua. Kan Lebaran enggak ada yang masuk (pekerja), seminggu kan pada libur. Jadi barangnya sedikit, jadi harga mahal,” ujarnya.

Dia sendiri mengaku beli kepada pengepul di pasar Kolaka, harga pembelian di pasar induk mencapai Rp38.000-Rp40.000 per kologramnya.Sehingga dirinya menjual di Rp40.000 ribu untuk kwalitas bagus dan Rp45.000 perkilo untuk kwalitas super.

“Kami memprediksi jika pasokan sudah lancar maka harga cabai di Kolaka juga akan stabil. Biasnya harga cabai stabil di kisaran Rp.25.000 per kologramnya,” Ujar Nur.(hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook