Imunisasi MR Diharapkan Lampaui Target Nasional

By Ismail Marzuki 03 Agu 2018, 07:11:17 WIBKesehatan

Imunisasi MR Diharapkan Lampaui Target Nasional

Keterangan Gambar : KOLAKA, AHMAD SAFEI (TENGAH) DIDAMPINGI KETUA KETUA PKK KABUPATEN KOLAKA, HJ.HERTY SAFEI SAAT MENYAKSIKAN PEMBERIAN IMUNISASI MR KEPADA SISWA DI SMPN 1 KOLAKA, RABU (1/8). FOTO : KAULIA ODE/ KOLAKA POS


Dari 62.009 sasaran imunisasi campak dan rubella (Measles-Rubella/MR) di daerah otoritanya, Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengaku optimis dapat menyelesaikan secara maksimal. Bahkan target 90 persen yang diharapkan pemerintah pusat dapat dilampaui.

Untuk memaksimalkan target itu, pasangan Muhammad Jayadin ini mengaku telah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait, terutama para tenaga medis yang bertugas puskesmas dan posyandu. “Ini program nasional dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, saya kira ini sesuatu yang harus kita suport. Seperti disampaikan tadi target pemerintah pusat 95 persen dari jumlah sasaran, tapi saya ingin di Kolaka ini kita harus imunisasi semuanya lah (100 persen, red), agar memang tidak ada lagi ruang bagi virus ini untuk berkembang di kabupaten Kolaka,” ujar Safei kepada Kolaka Pos usai membuka acara pencanangan kampanye imunisasi MR tingkat kabupaten di SMP Negeri 1 Kolaka, kemarin (1/8).

Safei juga berharap, masyarakat yang memiliki anak usia mulai 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun agar membawanya ke puskesmas atau tempat-tempat posyandu untuk mendapatkan imunisasi MR.

Sebab, terang Safei, imunisasi MR sangat penting bagi anak karena virus ini dapat menyerang kapan saja. Selain menulari anak melalui udara, MR juga menyebabkan cacat hingga kematian pada janin apabila terkena pada ibu hamil. “Jadi memang penyakit ini sangat berbahaya, karena sampai saat ini belum ada obatnya, yang ada kita hanya mencegahnya dengan pemberian imunisasi,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Massiri dalam laporannya mengatakan, imunisasi MR dimulai Agustus hingga September tahun ini. Selama dua bulan ke depan Dinkes bekerjasama dengan instansi terkait lainnya akan rutin melakukan imunisasi. Mulai dari anak siswa Paud, SD dan SMP hingga melakukan imunisasi di pusksemas dan posyandu di setiap kelurahan dan desa di Kolaka. “Imunisasinya kita bagi dua tahap. Pertama dibulan ini dilakukan di sekolah-sekolah, selanjutnya pada bulan berikutnya di puskesmas dan posyandu di keluarahan dan desa di se kabupaten Kolaka,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Harun, persiapan pelaksanaan imunisasi MR sudah dilakukan sejak November 2017 lalu. Persiapan itu kemudian tindaklanjuti Dinkes bersama Dinas Pendidikan kabupaten Kolaka serta instansi terkait lainnya, dengan melakukan sosialisasi dalam pertemuan dengan para camat, lurah dan kepala desa, pengurus PKK serta tokoh agama dan masyarakat se kabupaten Kolaka. (kal/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang