Ini Penyebab Pengunjung Perpustakaan Kolaka Minim

By Ismail Marzuki 18 Mar 2019, 07:51:21 WIBPendidikan

Ini Penyebab Pengunjung Perpustakaan Kolaka Minim

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://www.kolakaonline.com


Minat baca masyarakat Kolaka di perpustakaan kabupaten nampaknya masih minim. Hal itu dapat dibuktikan dari jumlah kunjungan di Perpustakaan daerah, Kabupaten Kolaka.

Menurut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kolaka Abdullah, jumlah pengunjung di Perpustakaan daerah hanya sekitar 5 sampai 10 orang setiap harinya. Bahkan biasanya tidak ada pemgunjung sama sekali.

Padahal, idealnya efektifnya pengunjung di perpustakaan tiap bulannya bisa mencapai 300 hingga 500 pengunjung.

“Padahal untuk jumlah buku yang ada di Perpustakaan daerah Kabupaten Kolaka ada 76 ribu buku, mulai dari pertanian, pendidikan, kebudayaan, Ilmu alam, dan masih banyak literasi buku lainya. Kalau buku kita lengkap,” ujar Abdullah.

Abdullah menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beragam upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Perpustakaan Kabupaten Kolaka. Mulai dari menambah buku baru di perpustakaan dan juga melakukan kunjungan ke sekolah untuk memperkenalkan perpustakaan Kolaka.

“Pengaruh besar kurangnya pengunjung Perpustakaan yaitu saat ini banyak literasi buku yang mudah di dapatkan melalui Internet,” ujar Abdullah.

Sumber : https://www.kolakaonline.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook