Jamaah Haji Sultra Pulang 13 September, Saat Ini Fokus Perbanyak Ibadah Sunah

By Ismail Marzuki 27 Agu 2018, 09:07:20 WIBAgama

Jamaah Haji Sultra Pulang 13 September, Saat Ini Fokus Perbanyak Ibadah Sunah

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Abdul Kadir. Foto : http://kendaripos.co.id


Rangkaian ibadah haji tuntas diikuti 2.011 jamaah haji asal Sulawesi Tenggara (Sultra). Kini mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan ke tanah air. Sesuai jadwal, kloter 20 asal Kota Kendari dan Konawe Kepulauan (Konkep) bakal pulang 13 September mendatang.

Sambil menunggu jadwal itu, jamaah tetap melakukan ibadah rutin. Mereka memperbanyak ibadah sunah demi meraih pahala lebih banyak lagi di Tanah Suci. Kondisi jamaah haji juga baik dan sehat. Semua informasi tersebut dilaporkan langsung

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Abdul Kadir. Dia mengatakan, proses pemulangan jamaah haji dari Saudi Arabia tengah disiapkan.Khusus untuk Sultra, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi lintas kloter untuk membahas pemulangan tersebut. Terutama menyangkut persiapan teknis.

“Hari ini (minggu,red) pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAB) kami sudah rapat koordinasi dengan seluruh ketua-ketua kloter membahas hasil pelaksanaan perjalanan di ARMINA dan persiapan pemulangan,” kata Abdul Kadir.

Kesimpulan rapat itu lanjut dia, ada beberapa hal. Pertama, pelayanan haji Arab Saudi tahun ini jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kedua, soal pemulangan. Nah, soal ini, setiap jamaah haji diminta memperhatikan berat koper yang dibawanya. Berat maksimal 32 kg, sementara tas tentengan 7 kg.

“Jamaah haji tidak diizinkan membawa air zam-zam dalam tas atau cairan dalam bentuk apapun melampauhi 100 mg,” jelasnya. Jamaah haji Sultra kata dia berada pada kloter 20 ke atas sehingga masuk pemulangan pada gelombangan II. Jadwal pemulangan kloter pertama Sultra yakni pada 13 September mendatang. “Nanti 14 September sudah berada di Embarkasi Makassar,” ujarnya. Setelah itu, giliran kloter 21 dan seterusnya.

Soal kesehatan jamaah, tambah dia, saat ini seluruhnya dalam kondisi baik. Namun begitu, mereka tetap dianjurkan menjaga pola makan dan istirahat. Sebab, masih berada disana kurang lebih dua pekan lagi. “Jamaah sekarang rajin ibadah tapi kita minta jangan terlalu lelah. Karena banyak jamaah dari kloter lain yang meninggal karena kelelahan,” tutupnya. (b/ely)

Sumber : http://kendaripos.co.id



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook