Kadis Pertanian Keluar Daerah Tanpa Izin, Ini Reaksi Bupati Kolaka

By Ismail Marzuki 14 Feb 2019, 06:44:01 WIBEkonomi

Kadis Pertanian Keluar Daerah Tanpa Izin, Ini Reaksi Bupati Kolaka

Keterangan Gambar : Bupati Kolaka bersama peserta rapat RPJMD usai acara. Foto : https://www.kolakaonline.com


Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH)/ Kadis Pertanian La Ramuli tergolong kepala dinas yang nekat. Pasalnya Kepala Dinas ini nekat keluar daerah tanpa memegang izin dari pimpinan tertinggi kabupaten Kolaka yaitu Bupati Kolaka H.Ahmad Safei. Keberanian La Ramuli terungkap saat Rapat Perencanaan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kolaka 2019-2024 yang di laksanakan di Aula Sasana Praja, Rabu (13/2/2019).

Tidak hadirnya Kepala DTPT Kolaka La Ramuli sebenarnya sudah diwakilkan oleh Sekretaris dinas yaitu Suyanto. Namun membuat Bupati Kolaka marah adalah La Ramuli melaksanakan perjalanan keluar daerah tanpa izin dari Bupati.

Saat Safei membahas program pembangunan bidang pertanian, khususnya terkait dengan inovasi penanganan pasca panen, serta distribusi hasil pertanian.

Karena menyangkut penanganan hasil panen dan distribusinya, Safei secara spontan meminta Kadis Pertanian, La Ramuli agar enyimak arahan yang disampaikannya.

“Tolong perhatian dinas pertanian, mana Kadis pertanian. Mana Kadisnya,” tanya Safei.

Ternyata La Ramuli tidak menghadiri Rapat Perencanaan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan mewakilkan Sekdisnya (Suyanto) untuk ikut dalam rapat tersebut.

“Kenapa dia tidak hadir, kemana pak Kadis, urusan apa keluar daerah, urusan apa lagi. Kok Kadisnya ke luar daerah kita tidak tahu,” tanya bupati.

Mendengar pertanyaan berulang dari bupati, Suyanto hanya bisa berdiri dengan sikap siap tanpa banyak bicara.

“Keluar daerah pak,” kata Suyanto.

Lanjut Safei Keberhasilan RPJMD akan dicapai atau tidak berpulang kepada Kepala Dinas.

“Tapi kalau pembahasan RPJMD saja tidak datang bagaimana bisa baik. Itu sama dengan tidak punya kepedulian. Kita tidak tahu pergi kemana, mau urus apa, kepentingan apa yang ada di luar sana, yang begini kira-kira pejabat.” tambahnya.

Sumber : https://www.kolakaonline.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook