KAJIAN STUDI PENGEMBANGAN PARIWISATA NASIONAL

By Ismail Marzuki 09 Sep 2019, 09:28:44 WIBWisata

KAJIAN STUDI PENGEMBANGAN PARIWISATA NASIONAL

Keterangan Gambar : Kepala Balitbang Kolaka, Dr. H Azikin. Foto : tenggaranews.com


Bertempat di ruang SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka, Kamis 5 September 2019, Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kab. Kolaka bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo mengadakan seminar akhir dengan tema Kajian Studi Pengembangan Pariwisata Nasional di Kabupaten Kolaka. Seminar dimoderatori langsung oleh Kepala Balitbang Kabupaten Kolaka, Dr. H. Azikin.

Pembangunan pariwisata diarahkan menjadi sektor andalan dan unggulan sebagai penghasil devisa terbesar yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan daerah, memberdayakan perekonomian masyarakat, dan memperluas lapangan kerja. Kabupaten Kolaka memiliki berbagai macam objek wisata yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata nasional yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu tujuan dari kajian ini adalah memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai pengembangan potensi pariwisata Kabupaten Kolaka yang meliputi daya tarik wisata dan budaya, sarana dan prasarana wisata.

Sebagai kesimpulan dari kajian ini adalah bahwa daya tarik yang ada di Kabupaten Kolaka memiliki jenis daya tarik yang lengkap, yaitu terdiri dari daya tarik alam, budaya dan buatan. Berbagai macam objek wisata yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata nasional yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Obyek wisata Tamborasi, wisata alam Ulunggolaka dan Tanjung Malaha memiliki potensi untuk dijadikan obyek pengembangan pariwisata nasional, hal tersebut didasarkan tingkat kesiapan dan ketersediaan sarana.

Adapun saran dari hasil kajian ini adalah diantaranya menjadikan obyek wisata Kabupaten Kolaka sebagai kawasan penyangga pariwisata dengan melakukan kerjasama dengan kabupaten lain yang lebih dahulu maju kepariwisataannya. (IM)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang