Kolaka Dijatah 193 Kuota CPNS

By Ismail Marzuki 24 Okt 2019, 06:50:31 WIBFokus Daerah

Kolaka Dijatah 193 Kuota CPNS

Keterangan Gambar : SEKDA KOLAKA DRS H POITU MURTOPO, M. SI. Foto : https://kolakaposnews.com/


PENDAFTARAN DIMULAI PEKAN INI

Kabar gembira bagi para calon abdi negara di Bumi Mekongga. Pasalnya, Pemkab Kolaka akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 25 Oktober mendatang. Hal ini diungkapkan Sekretaris daerah (Sekda) Kolaka Poitu Murtopo, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Senin (21/10).
“Allhamdulilah berdasarkan informasi dari Kemenpan, kabupaten Kolaka mendapat jatah sebanyak 193 kuota CPNS, dengan rincian tenaga pendidik 117 orang, tenaga kesehatan 44 orang dan tenaga teknis 32 orang. Rencana tanggal 25 Oktober kita sudah buka pendaftarannya,” ungkap Sekda Kolaka Poitu Murtopo.
Sehingga dengan adanya surat dari Kemenpan tersebut kata Poitu, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan dalam proses pedaftaran, mulai dari syarat pendaftar CPNS.
“Makanya kita mau rapatkan secara teknis, karena ada beberapa persyaratan yang tidak boleh salah, misalnya orang dari jurusan kedokteran harus betul-betul sudah selesai tidak ada lagi pendidikan tambahan lain, begitu juga mengenai KTP supaya betul-betul sesuai dengan kartu keluarganya. Dan siapa saja boleh mendaftar, bebas dari seluruh wilayah Indonesia silahkan mendaftar akan tetapi yang dari luar Sultra IP-nya harus 3,5 karena kita butuhkan yang berkualitas. Kita juga menerima yang cumlaude dengan syarat perguruan tinggi dan prodinya berakreditasi A,” terangnya.
Menurutnya, dalam proses penerimaan seleksi CPNS hampir sama dengan tahun lalu akan berlangsung terbuka, namun tahun ini akan semakin ketat lagi pengawasannya, sebab akan diawasi langsung oleh KPK. Sehingga dalam proses perekrutannya betul-betul murni tanpa ada campur tangan dari pihak manapun. Bahkan hasil dari tes CPNS akan langsung dilihat nilai para pendaftar. Jadi jika lolos pada passing grade akan di rangking siapa yang teratas maka dialah yang dinyatakan lulus sebagai CPNS.
“Jadi kita harapkan agar masyarakat kita, utamanya anak-anak kita agar bisa mendaftar dan menyiapkan diri supaya bisa lulus dan disini kita akan lihat kualitas anak kita, karena dalam seleksi ini akan terbuka secara umum tanpa ada titipan, juga akan diawasi langsung oleh BKN dan terkoneksi langsung dengan pusat. Semuanya murni untuk menguji kualitas anak-anak kita dan juga mutu pendidikan kita apakah sudah bisa bersaing, karena kedepan seluruh ASN Indonesia akan berkelas dunia. Jadi kebijakan pemerintah bahwa target di tahun 2020 sampai 2045 menjadikan manusia Indonesia yang unggul dan dapat bersaing dikanca dunia khususnya di negara maju,” terangnya.
Selain itu, proses tes CPNS akan digelar pada Februari tahun depan. Dan kemungkinan pada tahun depan tes CPNS akan diadakan dua kali, sebab jatah CPNS tahun depan akan kembali dibuka. Tempat tesnya akan berlangsung di Kolaka, karena Kolaka salah satu wilayah yang ditunjuk untuk pelaksanaan tes CPNS.
“Jadi tesnya akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020. Dan rencananya pada tahun depan akan dua kali tes, dimana pada formasi tahun 2019 ini tesnya di tahun 2020 begitupula dengan formasi tahun 2020 akan dites pada bulan April. Dari titik tes secara nasional ada 300 titik diseluruh Indonesia dan Kolaka termasuk titik penyelenggaraan tesnya nanti. Jadi Kolaka bisa mengcover Kolut, Kolaka dan Koltim, karena kita ada alat tes CPNS,” tutupnya. (k9/b)

 

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook