Kolaka Dipantau 25 Kamera CCTV, Rencana Ada Penambahan

By Ismail Marzuki 05 Feb 2020, 07:18:50 WIBTeknologi

Kolaka Dipantau 25 Kamera CCTV, Rencana Ada Penambahan

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://zonasultra.com


Pemerintah Kabupaten Kolaka telah memasangi beberapa kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah ruas jalan dan sudut kota di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kolaka, Arnan Amry mengungkapkan, jumlah kamera CCTV yang kini terpasang dan tersebar di beberapa sudut kota Kabupaten Kolaka mencapai 25 kamera CCTV.

Ia menyebutkan, kamera CCTV tersebut dipasang di Simpang Tiga Tugu Perjuangan 19 November di Sabilambo, depan Kantor Bupati Kolaka, di sekitaran Pelabuhan Penyeberangan Kolaka, Kilometer 2, Dermaga Pelelangan Ikan hingga Pomalaa.


Dijelaskan kedepan pemerintah berupaya untuk menambah jumlah kamera CCTV, sehingga bisa menjangkau sampai ke kecamatan paling jauh di Kolaka, seperti Polinggona, Toari, Watubangga, Samaturu, Wolo.
 

“Kita ingin peran pemerintah bisa dirasakan warga, jadi kalau ada tindak kejahatan dan kecelakaan, semua bisa terpantau,” ujarnya ditemui di Kantor Kominfo Kolaka, Selasa (4/2/2020).

Arnan menambahkan, pemasangan kamera CCTV menjadi salah satu cara melaksanakan program pemerintah guna menjadi Kolaka Smart City. Tak hanya itu, pemasangan kamera CCTV juga menjadi upaya pemerintah menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga setempat.

“Menjadi Smart City, maka pemerintahannya harus smart, masyarakatnya juga smart, dan tindakan yang diambil pun harus smart,” tambahnya.

Masih kata dia, keberadaan kamera CCTV ini terkoneksi langsung dengan jaringan milik Kominfo Kolaka, sehingga pihaknya selalu memonitor pergerakan dan aktivitas warga melalui aplikasi smartphone maupun layar yang terdapat di Command Center Dinas Kominfo Kolaka. (a)


Sumber : https://zonasultra.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook