Komisi DPRD Kolaka Tuntas Bahas RAPBD

By Ismail Marzuki 16 Okt 2019, 07:41:50 WIBFokus Daerah

Usai melakukan rapat pembahasan bersama SKPD dan mitra, komisi di DPRD Kolaka kini memasuki fase rapat gabungan untuk membahas Rancangan APBD 2020. Rapat gabungan komisi itu untuk menyampaikan kesimpulan pembahasan, sebelum APBD ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Dalam kesimpulannya pada rapat yang dipimpin oleh Pelaksana Ketua DPRD Kolaka Sudirman, juru bicara Komisi I, Mardawiah menyampaikan secara umum telah ada sinkronisasi dan penyesuaian Rencana Kerja Anggaran (RKA) bersama mitra dan SKPD. “Secara umum komisi I melakukan pendalaman dan penyesuaian RKA SKPD dengan RAPBD 2020, yang diserahkan bupati Kolaka dari tanggal 3 Oktober lalu,” papar Mardawiah.

Meski demikian dalam laporannya Mardawiah juga menyebut beberapa mitra dan SKPD tidak menyertakan staf yang membidangi perencanaan dan program untuk membahas APBD tersebut. “Beberapa kepala SKPD tidak menyertakan staf yang membidangi perencanaan dan program, namun bagi Komisi bisa memahami ketidakhadiran tersebut karena kesibukan,” jelasnya.

Komisi I juga menyampaikan pada umumnya SKPD bisa memahami kondisi keuangan Pemkab, sehingga Pagu Indikatif yang diberikan masing-masing SKPD dapat diterima untuk disesuaikan dengan program prioritas dan tetap mengacu pada RPJMD Kabupaten Kolaka.

Laporan kesimpulan Komisi II yang disampaikan oleh Anang Juniaprida juga menyampaikan rapat dengan dengan mitra dan SKPD terkait berjalan lancar. Namun Komisi II menyarankan agar program yang direalisasikan sesuai dengan RPJMD dan memihak masyarakat. “Kami tidak terlalu panjang lebar membacakan kesimpulan, yang paling penting kami menyarankan agar program yang direalisasikan sesuai dengan RPJMD dan memihak masyarakat Kabupaten Kolaka,” terangnya.

 

Sedangkan Komisi III dalam laporan kesimpulannya yang disampaikan oleh Ajib Madjid, secara umum program yang disampaikan mitranya telah dibahas bersama dengan komisinya. “Semuanya sudah bagus, kita sudah bahas, hanya saja kita berharap tidak ada lagi catatan dari pusat terkait sinkronisasi, karena ini yang slelau berulang-ulang,” terangnya.

Akhirnya dalam rapat tersebut, pembahasan mengenai RAPBD Kolaka tahun 2020 rencananya akan ditetapkan Selasa, (15/10), namun sebelumnya masih ada pembahasan lanjutan bersama Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. “Untuk rapat banggara kita akan lakukan sebentar, dan rencannya kita akan paripurnakan besok untuk penetapannya,” papar Pelaksana Ketua DPRD Kolaka, Sudirman, menutup rapat gabungan komisi-komisi tersebut.

Untuk diketahui rancangan APBD 2020 Kabupaten Kolaka yang disodorkan direncanakan akan naik. Sebelumnya Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam pidato pengantar Nota Keuangan dan Rancangan APBD 2020 menyampaikan secara garis besar RAPBD 2020 Kabupaten Kolaka mengalami kenaikan. Dalam pidatonya itu, secara garis besar RAPBD 2020 Kabupaten Kolaka dipaparkan oleh Ahmad Safei diantaranya Pendapatan Daerah ditargetkan sebesar 1,46 Triliun Rupiah, sementara Belanja Daerah juga 1,46 Triliun Rupiah. (mir)

 

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook