Legislator PKS Dukung Puskesmas Pomalaa jadi BLUD

By Ismail Marzuki 27 Nov 2018, 14:23:38 WIBKesehatan

Legislator PKS Dukung Puskesmas Pomalaa jadi BLUD

Keterangan Gambar : NGGOTA KOMISI I DPRD KOLAKA, EDI GUNAWAN ARAFIQ SAAT MENINJAU KESIAPAN PUSKESMAS POMALAA MENGHADAPI PENILAIAN AKREDITASI. FOTO : MIRWANTO/ KOLAKA POS


Anggota Komisi I DPRD Kolaka, Edi Gunawan Arafiq menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Puskesmas Pomalaa untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal itu disampaikan legislator PKS seusai meninjau kesiapan puskesmas tersebut menghadapi penilaian akreditasi.

Menurut Edi dengan peralihan menjadi BLUD, maka Puskesmas Pomalaa bisa memberikan layanan kesehatan secara menyeluruh dengan pelayanan lebih cepat dan maksimal. “Saya sepenuhnya mendukung menjadi BLUD, sebab jika menjadi BLUD pelayanan akan lebih cepat dan menyeluruh, sehingga masyarakat bisa langsung berobat,” ujar kemarin (25/11).

Selain layanan kesehatan yang lebih baik, kata Edy, diharapkan juga banyak kemudahan atau fleksbilitas seperti bisa menggunakan pendapatan secara langsung dan pengadaan fasilitas yang bisa lebih fleksibel. Kemudian pengaturan tarif layanan cukup menggunakan Perbub dan bisa merekrut tenaga non PNS. “BLUD adalah pola pengelolaan keuangan untuk memudahkan dan mengamankan, bukan untuk tujuan mencari keuntungan. Karenya dengan menjadi BLUD, maka fokus utama puskesmas adalah peningkatan kualitas pelayanan,” terangnya.

Menurut Edi, dari pengamatannya Puskesmas Pomalaa sudah mempersiapkan diri dari berbagai sisi untuk menjadi BLUD. “Hasil pengamatan dan diskusi saya dengan kepala puskesmas, saya rasa Puskesmas Pomalaa siap menjadi BLUD,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pomalaa, dr. Kamrullah mengungkapkan, menjadi BLUD memang adalah target ke depan Puskesmas Pomalaa. “Memang itu yang kita targetkan ke depan. Namun kita harus melihat tingkat efektivitasnya terlebih dahulu untuk dikaji dari berbagai sisi,” ucapnya. (mir/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang