Lewati Target, Progress Pembangunan Smelter PT. Ceria

By Ismail Marzuki 21 Nov 2018, 08:08:54 WIBEkonomi

Lewati Target, Progress Pembangunan Smelter PT. Ceria

Keterangan Gambar : SAAT KOMISI III DPRD KOLAKA MELAKUKAN RDP DENGAN PT. CERIA. FOTO : https://kolakaposnews.com


RDP DPRD KOLAKA, HMI DAN PT. CERIA

PT Ceria Nugraha Indotama (Ceria) menyatakan kesungguhannya untuk membangun pabrik pemurnian nikel atau smelter di lokasi wilayah Ijin Usaha Pertambangannya di Kecamatan Wolo. Hal itu disampaikan Kepala Teknik Tambang PT. Ceria, Alvi dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Kolaka dengan para perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kolaka di Aula Rapat DPRD Kolaka pada Kamis 15/11.
“Kalau soal komitmen kami nyatakan perusahaan berkomitmen, sebab keluarnya Ijin Ekpsor sangat erat dengan komitmen membangun smelter. Mulai dari persiapan lahan hingga perijinan sudah kami tempuh, hanya saja memang mengurus perijinan itu tidak langsung selesai, dalam porgres hingga Juni 2018 ini kita sudah melewati target capaian yaitu 2,44 persen dari target sebenarya 2,09 persen,” paparnya.
Halitu juga disampaikan oleh Manager Legal Pt. Ceria Kenny Rochlim dalam kesempatan itu. Dia menyampaikan pemberian tambahan kuota ijin ekspor seiring dengan komitmen pembangunan smleter sebagaimana sudah diatur dalam Permen ESDM No 25 Tahun 2018 pasal 51. “Semuanya sesuai dengan aturan sebagaimana diatur dalam ESDM No 25 Tahun 2018 pasal 51, tidak mungkin keluar rekomendasi ijin ekspornya dan jika tidak sesuai dengan aturan tersebut,” paparnya.
Lanjutnya dalam pasal tersebut disebutkan bahwa tidak akan diberikan perpanjangan rekomendasi jika perusahaan tidak memiliki kemajuan fisik pembangunan fasilitas pemurnian paling sedikit telah menyelesaikan seluruh tahapan persiapan awal proyek. “Tidak mungkinlah kita diberikan rekomendasi perpanjangn ekspor kalau Pembangunan proyek smelter itu tidak ada kemajuannya, dan tahapanya itu diatur dalam peremen di pasal 51, silahkan dilihat, mulai dari kegiatan awal proyek hingga commisioning start up nanti di tahun 2021,” jelasnya.
Bahkan perusahannya menawarkan kepada pihak DPRD dan Mahasiswa untuk turun melihat langsung kemajuan yang sudah dilakukan PT. Ceria unutk proyek pembangunan smleternya.
Terkait komitmennya terhadap Bantuan CSR dan perekrutan tenaga lokal, Kenny juga menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan hal itu.”Bantuan langsung kepada petani tambak itu kita sudah keluarkan hampir 4 Milyar lebih, bantuan sosial lainnya juga, terkiat tenaga kerja kita komitmen terhadap warga lokal, bahkan kami meminta kepala desa sekitar yang mengusulnya,” jelasnya.
Terkait RDp tersebut, Ketua Komisi III Syaifullah Khalik juga menyatakan bahwa pihak DPRD mendukung semua investasi yang berkomitmen untuk kesejahteraan masyarakat kab. Kolaka. “Tentu kami juga sangat mmeberikan dukungan penuh kepada siapa saja yang berinvestasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kolaka, sepajang sesuai dengan tahapan dan kaidahnya, dan saya kira kesimpulannya mari kita sama mengawal proyek pembangunan smelter PT. Ceria ini hingga apa yang dipaparkan tadi bisa terwujud,” paparnya. (mir/hen)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang