MAN 1 Kolaka Sabet 2 Medali Nasional

By Ismail Marzuki 13 Mar 2019, 07:20:08 WIBPendidikan

MAN 1 Kolaka Sabet 2 Medali Nasional

Keterangan Gambar : Siswa-siswi MAN 1 Kolaka yang meraih medali perak dan perunggu pada lomba karya tulis ilmiah yang digelar di Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. FOTO: Istimewa/ Kolaka Pos


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Kali ini MAN 1 Kolaka membawa dua medali sekaligus pada lomba karya tulis ilmiah yang digelar di Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Pada ajang yang ikuti ratusan peserta siswa MAN se Indonesia itu, MAN 1 Kolaka berhasil menyabet medali perak dan perunggu.

Kepala MAN 1 Kolaka Drs Ansani M.Pd siswanya apresiasi siswanya yang telah mengharumkan nama sekolah daerah. Terlebih ajang itu merupakan even besar yang digelar oleh salah salah Institut ternama di Indonesia, serta diikuti oleh sekolah atau madrasah unggulan se Indonesia.

“Alhamdulillah, tentu ini adalah prestasi yang menggembirakan, ini bukti bahwa siswa kami bisa diperhitungkan di kanca nasional. Dan ini bukan prestasi pertama kami, karena sebelumnya banyak juga siswa siswi kami yang berprestasi di luar Sulawesi Tenggara,” kata Ansani, kemarin (11/3).

Ia juga mengatakan, prestasi ini sekaligus memberikan peluang bagi siswa siswinya untuk diterima sebagai mahasiswa di ITS Surabaya. “Sebagai bentuk penghargaan dari MAN 1 Kolaka,
Insya Allah siswa berprestasi ini kita akan tampilkan pada pelaksanaan upacara seperti siswa berprestasi lainnya,” ujarnya.

“Tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru pembimbing yang ada di MAN 1 Kolaka atas capaian yang dihasilkan dari proses belajar mengajar di Madrasah kita, ini sebagai komitmen kita bersama karena budaya disiplin dan profesionalitas selalu kita kedepankan,” tambah Ansani.
Sementara itu, Santiaadji, salah seorang guru pembimbing yang mendampingi siswa selama mengikuti ajang itu menjelaskan, bahwa event yang diikuti bertajuk
“National Innovation Project (NIPRO)”. Event bertaraf nasional ini digelar selama 2 hari, 2-3 Maret 2019. Diikuti sedikitnya 310 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pada lomba karya tulis ilmiah itu siswa kami mengangkat judul KTI “UTOUGIFASLEL (Utilization Of Used Goods Into Fans and Slepping Lights) With by Pass Seater sebagai Produk Inovasi untuk Negeri Menuju Implementasi  Sustainable Development Gold 2030″. Dan keluar sebagai peraih medali perak atau posisi kedua dari 18 finalis,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pada ajang yang sama siswa MAN 1 Kolaka juga berhasil meraih medali perunggu, dengan memaparkan hasil karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Pemanfaatan Daun Gaharu Sebagai Obat Salep Luka Bakar dalam Implementasi Pembangunan Menuju 2030”.
Untuk diketahui, kelompok siswa MAN 1 Kolaka yang berhasil meraih medali perak adalah Widya Leonita Natalia (Kelas XI IPA 3), Uswatun Hasanah (Kelas XI IPA 3) dan Senandung Putri Natasya (Kelas XI IPA 3).
Sementara yang meraih medali perunggu adalah Amran (Kelas XI IPA 1) dan Putri Ratika Wahyuni (Kelas XI IPA 1) dengan guru pembimbing Hajeranah. (kal)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook