Pakai Jalan Provinsi, Dua Perusahaan Tambang di Kolaka Disorot

By Ismail Marzuki 17 Apr 2018, 08:13:38 WIBEkonomi

Pakai Jalan Provinsi, Dua Perusahaan Tambang di Kolaka Disorot

Keterangan Gambar : MEMBAHAYAKAN WARGA : Aktivitas truk pengangkut material tambang melintas pada jalan provinsi di ruas Pomalaa dan berpotensi membahayakan warga sekitar serta pengendara. Foto: Zulfadly Nur/ Kendari Pos


Aktivitas pertambangan di Kecamatan Pomalaa oleh sejumlah perusahaan tak hanya dikeluhkan oleh warga. Sebab wakil rakyat di DPRD kabupaten juga melihat ada ketidakpatuhan pengusaha dalam menjalankan aktivitas penambangan. Anggota DPRD Kolaka, Rusman, mengaku kesal melihat sikap perusahaan pertambangan yang menggunakan jalan provinsi untuk mengangkut material mineral. Sebab, menurut Rusman, penggunaan jalan provinsi untuk kegiatan pertambangan itu sangat mengganggu aktivitas warga dan pengendara yang melintas di akses transportasi tersebut.

“Ada dua perusahaan yang menggunakan jalan provinsi untuk mengangkut ore yaitu PT Asia dan PT Tosida. Mereka mengangkut ore dari Desa Sopura sampai di Tambea tanpa menggunakan penutup terpal. Akibatnya, angkutan mereka tumpah di jalan,” kesalnya, minggu (15/4). Legislator Partai Demokrat itu menegaskan, pihaknya akan memanggil manajemen kedua perusahaan itu ke DPRD untuk dimintai penjelasan terkait penggunaan akses provinsi sebagai jalan produksi.

Sebab menurut Rusman, aktivitas pengangkutan material tambang yang dilakukan PT Asia dan PT Tosida sudah sangat mengganggu masyarakat dan pengendara. “Minggu ini kami akan undang kedua pihak perusahan tersebut untuk rapat dengar pendapat. Kami akan tanyakan izin penggunaan jalannya. Kalau memang ada, kami akan meminta mereka menggunakan penutup terpal. Sebab, material yang mereka angkut tumpah di jalan. Selain itu mereka juga kerap tidak mau memberikan ruang jika ada pengendara yang mau mendahului,” ungkap Rusman. (b/fad)

Sumber : http://kendaripos.co.id



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang