Pemkab Kolaka Bagi Lods Pasar Mangolo, 1 Tahun Gratis Sewa

By Ismail Marzuki 31 Jan 2019, 07:11:25 WIBEkonomi

Pemkab Kolaka Bagi Lods Pasar Mangolo, 1 Tahun Gratis Sewa

Keterangan Gambar : Rapat Pembagian Lods pasar Mangolo dipimpin Asisten II bidang ekbang. Foto : https://www.kolakaonline.com


Pasar baru yang bisa menampung sekitar 500 pedagang di kelurahan Mangolo kecamatan Latambaga Rabu (30/1/2019) terbagi habis. Pencabutan nomor kios terbuka dan tertutup dilaksanakan di kantor Camat Latambaga yang disaksikan oleh asisten II Setda Kolaka H.Kasim Madaria, serta Kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan Kolaka H.Muh. Azikin.

Kepada kolakaonline.com H. Kasim Madaria mengatakan pembagian lods pasar baru Mangolo sebenarnya sudah lama di rencanakan namun pada Januari ini barulah pemerintah bisa membagikan kepada para calon pedagang. Kabar gembira bagi pedagang adalah 1 tahun tidak akan dibebankan sewa.

“Hari ini Rabu (30/1/2019), lods telah terbagi. Para pedagang yang sudah mendapatkan lods berkewajiban langsung menempati lodsnya. Pastinya bupati kolaka (H.Ahmad Safei) sudah berpesan jika tiga bulan lods belum terisi maka pemerintah berhak mengganti dengan pedagang cadangan. Untuk pasar baru Mangolo bisa menampung sekitar 500 pedagang,” ujar Kasim.

Lanjut ia mengatakan retribusi harian akan tetap ada yaitu mulai Rp.2000 sampai Rp.3000 perhari. Untuk keamanan dan kebersihan pasar, pemerintah kabupaten menyerahkan sepenuhnya kepada pengelola pasar.

“Nanti padagang akan menandatangani MOU dengan pemerintah kabupaten, isi perjanjian tersebut diantaranya adalah tidak boleh menjual belikan losd tersebut,” tuturnya.

Semantara itu Kepala Dinas Perindstrian dan Perdagangan Kolaka H.Muh. Azikin mengatakan yang terpenting untuk meramaikan pasar Mangolo adalah kondisi pasar yang harus bersih dan rapi.

“Pemerintah sudah membangunkan pasar, saat ini silahkan masyarakat Mangolo menjaga fasilitas ini,” tuturnya.

Sumber : https://www.kolakaonline.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook