Pemuda Induha Ciptakan Snack Lokal Bermotivasi “Kebyo”

By Ismail Marzuki 30 Jan 2019, 07:46:04 WIBEkonomi

Pemuda Induha Ciptakan Snack Lokal Bermotivasi “Kebyo”

Keterangan Gambar : Pemuda Induha saat menampilkan snack yang dibuatnya. Sumber : https://www.kolakaonline.com


Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar tentang wilayah Induha yang dulunya adalah wilayah yang terkenal dengan wilayah dunia “malam”. Namun untuk tiga tahun terahir ini wilayah tersebut menjadi wilayah yang indah dan inovatif. Tamsil Tajsam dan Risal Tajsam dua anak muda yang berdomisili di Induha bisa mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) rumahan berupa Snack Keboy khas kabupaten Kolaka yang juga terdapat kata-kata motivasi di bungkusnya.

Kepada kolakaonline.com Tamsil Tajsam mengatakan pembuatan makanan ringan yang bernama kebyo adalah modal bersama dengan keluarga. Snack ini selain bisa mengenyangkan juga terdapat kata-kata motivasi di bungkus dan di dalam Snack tersebut.

“Modal kami untuk membuat makanan ringan Kebyo berasal dari pinjaman Om sebanyak 15 juta rupiah, dan alhamdulilah saat ini snak kebyo sudah bisa mencetak 300 pcs perbulanya dengan omset Rp.2 jutaan per bulan,” katanya.

Lanjut ia mengatakan snack Kebyo di pasarkan mulai Juni 2018, dan hingga saat ini masih melakukan pemasaran dari satu toko ketoko lain dengan varian rasa jagung bakar.

“Harga yang kami tawarkan mulai Rp.9000 sampai Rp.10.000 dengan berat 50 gram. Alhamdulilah saat ini produk kami sudah diterima di masyarakat Kolaka dan saat ini sudah tersedia di TOP Swalayan dan beberapa toko di wilayah Kendari dan Unaaha,” tambahnya.

Disinggung mengenai bantuan pengembangan snack kebyo dari pemerintah Kabupaten kolaka, Tamsil Tajsam mengatakan hingga saat ini dia berhasil melengkapi administrasi dan legalitas dan pemerintah cukup welcome dalam hal melayani kepengurusan tersebut. Tamsil berharap ada bantuan dari pemerintah berupa alat dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang dalam pengembangan terutama dalam bidang produksi dan pemasaran agar produk kebyo.

“Impian kami adalah snack Kebyo terjual keluar kota seperti Makassar maupun kota-kota lainnya . Saya juga agar dinas terkait bisa memberikan pelatihan pengembangan UKM. Kami sangat berharap pemerintah kabupaten Kolaka bisa mendampingi usaha kami. Jika ada toko atau masyarakat yang ingin merasakan Snack Kebyo bisa menghubungi 0823 4979 1323. Kami siap menerima pesanan,” tambahnya.

Sumber : https://www.kolakaonline.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook