Petani Tambak Bakal Diberi Bantuan Program Kemitraan

By Ismail Marzuki 13 Feb 2019, 06:54:30 WIBEkonomi

Petani Tambak Bakal Diberi Bantuan Program Kemitraan

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com


Kabar baik bagi petani tambak di Kabupaten Kolaka. Pasalnya tahun ini petani tambak bakal diberi bantuan untuk pengembangan usahanya. Hal itu diungkapkan anggota DPRD Kolaka, Anis Pamma belum lama ini. “Saya sudah ketemu langsung dengan direktur Perum Perikanan Indonesia (Perindo) di Jakarta, yaitu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perikanan. Ada program yang memang akan disiapkan untuk pengembangan petani tambak dan nelayan di Kolaka, tinggal disinergikan dengan BUMN lainnya seperti PT Antam,” ungkap Anis.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan dengan direktur Perum Perindo, Risyanto Suanda, terdapat kesimpulan akan merealisasikan rencana pemberian program bantuan tersebut terutama kepada petani tambak udang vaname. “Karena potensi pengembangan tambak udang vaname kita di Kolaka cukup menjanjikan, makanya ini yang jadi fokus dulu, dan Perum Perindo sudah mempersiapkan rencana program bantuan kemitraan itu,” ujarnya.

Untuk percobaan awal bantuan kemitraan tersebut akan diberikan 50 petani tambak. “Jadi akan diduplikasi seperti program kemitraan yang sudah berjalan di Tulang Bawang Lampung yang sudah sukses berjalan, kita akan coba dulu sekitar 50 petani tambak atau lebih untuk percontohan,” jelasnya.

Kemudian untuk mendapatkan bantuan ini para petani harus membentuk kelompok, memiliki sertifikat kepemilikan lahan yang dapat diverifikasi by name by location dan dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga. “Di samping itu petambak harus mematuhi syarat teknis, untuk menjamin kelangsungan jangka panjang dengan mematuhi standar maksimal penyebaran bibit udang maksimal 80 ekor per meter persegi untuk menjaga daya dukung lingkungan. Selain itu, pemerintah daerah juga harus menyiapkan tenaga penyuluh yang akan ditraining oleh Perum Perindo.

Program kemitraan itu kata Anis, nantinya Perum Perindo akan menyiapkan mulai dari manajemen komunal, pakan, pendampingan, bantuan biaya hidup sampai penjualannya. “Jadi hanya disiapkan lokasi, petani tambak dan penyuluh, semua kebutuhan lainnya akan ditangani Perum Perindo. Di mana sumber pembiayaannya akan dibiayai melalui program PKBL PT Antam atau Pertamina, termasuk biaya hidup petani dalam menjalankan program tersebut. Dan paling utama juga kita siapkan aturan untuk mendukung program itu,” papar Anis.

Lebih lanjut Anis mengungkapkan, keseriusan Perum Perindo membantu petani tambak dan nelayan sudah dimulai sejak tahun 2016. Saat itu bertepatan dengan kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Kolaka dengan memberikan bantuan 250 bubu ikan kepada nelayan Kolaka. “Insya Allah program itu akan kita kawal langsung agar direalisasikan tahun ini,” imbuhnya. (mir)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook