Puskesmas Pomalaa Siap Raih Akreditasi

By Ismail Marzuki 22 Nov 2018, 07:25:25 WIBKesehatan

Puskesmas Pomalaa Siap Raih Akreditasi

Keterangan Gambar : PUSKESMAS POMALAA SIAP RAIH AKREDITASI. Foto : https://kolakaposnews.com


Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pomalaa tampak semakin meningkatkan sistem pelayanan kesehatan, hingga membenahi sejumlah sarana dan parasana yang tersedia. Upaya ini dilakukan guna meraih status Puskesmas yang terakreditasi sebagaimana diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan.

Kepala Puskesmas Pomalaa, dr. Kamrullah, menagatakan tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko. Dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. “Akreditasi merupakan salah satu persyaratan wajib sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS. Saat ini kami tengah mempersiapkan semuanya, dan Insya Allah kami siap saat penilaian Akreditasi nanti, yang rencana penilaiannya itu di akhir bulan nanti,” tutur dokter yang karib disapa Dokter Kem itu, Senin (19/11).

Dokter Kem berharap, dalam akredatasi nanti Puskesmas Pomalaa bisa mencapai Akreditasi Utama. “Sekedar informasi, sudah beberapa tahun proses akreditasi di Sulawesi Tenggara ini belum ada Puskesmas yang terakreditasi utama apalagi paripurna. Untuk itu kami berharap Puskesmas Pomalaa menjadi yang pertama untuk Sulawesi Tenggara,” paparnya.

Untuk mewujudkan harapan itu, Dokter Kem mengatakan pihaknya bersama seluruh stakeholder terus melakukan perbaikan-perbaikan. Dengan perbaikan yang dinilai sudah maksimal, dia yakin, Puskesmas yang dikelola lolos akreditasi dan hasilnya sesuai harapan. “Kami tidak kenal lelah bekerja siang dan malam untuk meningkatkan layanan. Dan Alhamdilillah seluruh stakeholder baik masyarakat maupun pemerintah setempat mendukung kami, bekerja sama dengan baik, dan bahkan salah satu syarat akreditasi harus ada balai pertemuan, alhamdulillah sudah hampir rampung, kita dibantu dibangunkan,” bebernya.

Kendati demikian, dia mengakui untuk mencapai akreditasi utama persiapannya cukup berat. Namun sebagai abdi negara Dokter Kem tetap mengutamakan kepentingan masyarakat. Kondisi itu juga menjadi penyemangat agar ke depan terus maju. “Setelah berbenah, kepercayaan masyarakat terhadap kami semakin luar biasa. Kami tidak menyangka, bantuan itu mengalir dari semua pihak untuk mendukung proses akreditasi. Tadinya lingkungan puskesmas ini tandus, Alhamdulillah sekarang sudah hijau, taman-taman itu dikapling dan kelola masing-masing desa, kelompok masyarakat dan institusi sekitar. Jadi ini bukti kecintaan mereka terhadap Puskesmas Pomalaa,” bebernya lagi.

Sementara Camat Pomalaa, Sairman juga membenarkan jika Puskemas Pomalaa memanag sudah siap diakreditasi. Pihaknya mendukung sepenuhnya. Bahkan, kata dia, pihaknya membuat Kelompok Kerja (Pokja) akreditrasi Puskesmas Pomalaa untuk mendukung akreditasi. “Kita bentuk Pokja, dari 12 kelurahan dan desa, stakeholder dan membenahi lingkungan Puskesmas. Sehingga kita memiliki target dan indikator mensukseskan akredasi ini, kalau bisa utama. Yang pasti semua masyarakat Pomalaa, stakeholder dan pemerintah sangat mendukung Puskesmas yang luasnya sekitar 1 hektar ini lolos akreditasi sesuai harapan kita bersama,” tuturnya.

Apresasi terhadap Puskesmas Pomalaa juga datang dari anggota DPRD Kolaka, Edy Gunawan Arafik. Kata legislator PKS tersebut, masyarakat tentunya berharap Puskesmas Pomalaa mendapat akreditasi terbaik. “Masyarakat tentunya berharap yang terbaik, kami juga berharap Puskesmas Pomalaa terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Semoga target meraih akreditasi terbaik bisa terwujud,” pungkasnya. (mir/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook