Safei Berharap Desa Semakin Maju

By Ismail Marzuki 12 Sep 2019, 07:24:07 WIBFokus Daerah

Safei Berharap Desa Semakin Maju

Keterangan Gambar : FOSE BERSAMA BUPATI KOLAKA H AHMAD SAFEI USAI MENGHADIRI PELANTIKAN APDESI KABUPATEN KOLAKA MASA JABATAN 2019-2024. FOTO: NENO/KOLAKA POS


Dewan Pimpinan Cabang Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) kabupaten Kolaka massa bakti 2019-2024 terbentuk. Pengurus Apdesi Kolaka, dilantik oleh bupati Ahmad Safei di salah satu hotel di Kolaka.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan, mendukung terbentuknya APDESI Kolaka. Sebab dengan terbentuknya asosiasi tersebut diharapkan dapat berdampak positif bagi kemajuan masyarakat dan desa itu sendiri. “Saya sebagai pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi atas terbentuknya asosiasi ini dengan harapan asosiasi ini akan memberikan suport dalam rangka penyelengaraan pemerintahan desa yang lebih baik, sehingga hadirnya asosiasi ini dalam rangka untuk bagaimana mendukung pemerintah desa itu sendiri agar masyarakat dan desa semakin sejahtera,” ungkapnya.

Safei juga mengingatkan agar dengan hadirnya asosiasi ini, dapat memberikan saran masukan bagi suatu desa dalam memecahkan masalah. Namun tidak harus fokus dalam mengurusi Abdesi saja tapi harus lebih fokus dalam perkembangan desa.

“Jangan diurus asosiasinya saja pemerintah desanya tidak diurus. Jadi kehadiran asosiasi ini agar supaya menjadi suport dalam kegiatan pemerintahan desa semakin baik, kalau ada hal-hal yang perlu dibahas antar sesama desa paling tidak tiga bulan sekali ada pertemuan. Sehingga masing-masing desa bisa mengemukakan hal-hal atau keluhan yang terjadi didesa agar didiskusikan bersama agar ada solusinya. Itulah tujuan dibentuknya asosiasi ini agar semua kegiatan di desa yang sifatnya baik dapat ditiru oleh desa lain. Desa-desa lain juga harus komunikasikan dalam forum Abdesi,” pesannya.

Apalagi sekarang ini lanjutnya, persoalan pada pemerintahan desa semakin berat. Pertama, hampir seluruh arsip kependudukan desa dilimpahkan ke Capil. Kedua, administrasi perencanaan yang amburadul. Safei menyebut hampir semua desa di Kolaka tidak memiliki catatan administrasi. Padahal kucuran dana yang diberikan oleh pemerintah semakin besar.

“Ini tidak benar kalau begini (hampir seluruh desa tidak memiliki catatan adinistrasi, red) yang harus tahu masalah kependudukan adalah bapak-bapak (Kades), Bapak juga harus pahami data kependudukan yang ada didesa. Kalau tidak dipahami maka akan susah dalam menjalankan roda pemerintahan. Kepala wilayah juga harus ada arsip kependudukan harus jelas datanya. Jangan sampai ada terjadi sesuatu atau kejadian kepada warga anda, anda tidak tau makanya harus dikontrol data kependudukannya, termasuk semua peta wilayah desa harus ditahu,” bebernya.

Selain itu, diakuinya jiwa kegotongroyongan semakin redup dan harus dihidupkan kembali. “Ini yang harus diberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa rohnya pemerintahan desa adalah gotong royong. Untuk itu gunanya asosiasi ini dimanfaatkan untuk berkolaborasi agar semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah desa sesuai tujuan dari Apdesi in. Karena kuncinya kebersamaan yang harus dibangun ajak semua masyarakat harus ikut serta berpartisipasi dalam membangun dan memajukan desa, dengan kehadiran Abdesi desa dan masyarakat semakin maju karena wajah kabupaten Kolaka dari keberhasilan desa tersebut,” tutupnya.

Untuk diketahui pada pelantikan APDESI kabupaten Kolaka, Kades Baula Punggoro ditunjuk sebagai ketua APDESI dan H Tasman Selaku sekretaris APDESI. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Bupati Kolaka H Ahmad Safei, wakil bupati Kolaka H Muh Jayadin, ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir, perwakilan Kejaksaan agung (Kejagung), ketua APDESI Sultra, dan Forkopimda, Selasa (10/9). (K9)

 

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang