Seminar Akhir Kajian Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Home Industri di Kabupaten Kolaka

By Ismail Marzuki 04 Sep 2019, 11:53:31 WIBFokus Daerah

Seminar Akhir Kajian Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Home Industri di Kabupaten Kolaka

Keterangan Gambar : Logo UHO. Foto : id.wikipedia.org.


Bertempat di ruang SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka, Rabu 4 September 2019, Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kab. Kolaka bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo mengadakan seminar akhir dengan tema Kajian Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Home Industri di Kabupaten Kolaka.

Ketua Tim menjelaskan bahwa industri minyak kelapa sawit tergolong industri agro yang merupakan industri andalan masa depan karena didukung oleh SDA yang cukup potensial dan mempunyai efek berganda yang luas seperti penguatan struktur industri, peningkatan nilai tambah, pertumbuhan sub sektor ekonomi lainnya.

Acuan pedoman dalam mengkaji dan menganalisis kelapa sawit home industri di Kabupaten Kolaka dari aspek teknik, aspek manajemen, aspek sosial, aspek lingkungan dan aspek ekonomi serta politik. Adapun penentuan desa sampel diantaranya adalah Kecamatan Tanggetada, Watubangga, Toari, Polinggona, Pomalaa dan Samaturu dengan jumlah responden keseluruhan 125 + 9 tokoh kunci.

Pertimbangan yang dapat diambil adalah adanya kedekatan dengan sumber bahan baku khususnya di Kecamatan Toari (Desa Wonua Raya, Desa Ranosangia dan Desa Ranomentaa). Pertimbangan lainnya adalah dekat dengan sumber air, dekat kebun-kebun sawit, dan lokasi pabrik sebaiknya sekitar 3 Km dari pemukiman masyarakat.

Beberapa literatur dan hasil konsultasi menjelaskan bahwa bila areal kebun kelapa sawit mencapai 5.000 Ha, telah dapat dikembangkan satu pabrik industri pengolahan CPO. Adapun kapasitas pabrik yang direncanakan sangat ditentukan oleh jumlah panen TBS pertahun.

Pembangunan pabrik kelapa sawit home industri mendukung strategi agresif yaitu pembangunan pabrik kelapa sawit home industri dapat terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan kemajuan secara maksimal. (IM).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang