Usai Jalani Swab Test, PDP Kolaka Dinyatakan Negatif Covid-19

By Ismail Marzuki 13 Mei 2020, 09:49:05 WIBKesehatan

Usai Jalani Swab Test, PDP Kolaka Dinyatakan Negatif Covid-19

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://zonasultra.com


Pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bahteramas Kendari dinyatakan negatif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan swab (swab test).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr. Muhammad Aris mengatakan seorang laki-laki (59) yang berstatus PDP ini dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani dua kali pemeriksaan swab.

“Iya, sudah 2 kali swab dan semua hasilnya negatif. Tapi pasiennya masih di Kendari, belum pulang ke Kolaka,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (11/5/2020).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kolaka ini menjelaskan pasien tersebut sebelumnya dirujuk untuk mendapatkan perawatan di RS Bahteramas dari RS Benyamin Guluh karena menderita gagal ginjal.

Saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit, pasien yang berdomisili di Kelurahan Sabilambo itu dimasukkan dalam status PDP sebab mengalami gejala Covid-19.

Ketua IDI Cabang Kolaka ini menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 di kabupaten itu sampai hari ini tercatat jumlah ODP sebanyak 140 orang, selesai masa pemantauan 131 orang, sedangkan 9 orang masih dalam proses pemantauan.

“Hari ini satu tambahan ODP di Kecamatan Latambaga. Tapi ada juga ODP di Kecamatan Kolaka yang selesai masa pemantauan dua orang,” ujarnya.

Sebutnya, tambahan ODP itu berasal dari Kalimantan. Masuk ke Kabupaten Kolaka melalui Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). ODP tersebut tersebar di beberapa kecamatan terdiri dari Kecamatan Wolo 1 orang, Kolaka 3 orang, Latambaga 1 orang, Pomalaa 3 orang, Wundulako 1 orang.

Sementara itu, PDP 2 orang, hanya saja satu sudah dinyatakan sembuh, dan satu meninggal dunia. Selanjutnya, positif Covid-19 juga telah dinyatakan sembuh, setelah menjalani dua kali pemeriksaan swab dengan hasil negatif. Diketahui, total kasus tercatat sebanyak 143.

Masih kata dr Aris, saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka telah melakukan rapid test kepada sejumlah masyarakat, khususnya mereka yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19 dan mereka yang rentan terpapar Covid-19.

Hasilnya, dari seribuan lebih warga yang melakukan rapid test, terdapat 13 orang yang reaktif Covid-19. Mereka pun telah menjalani pengambilan sampel pemeriksaan swab. Saat ini, masih menunggu hasil dari pemeriksaan tersebut. (b)

 


Sumber : https://zonasultra.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook