USN Buka Kampus di Buteng

By Ismail Marzuki 25 Feb 2019, 07:26:24 WIBPendidikan

USN Buka Kampus di Buteng

Keterangan Gambar : REKTOR USN KOLAKA, AZHARI. FOTO : https://kolakaposnews.com


DIRJEN MENRISTEK DIKTI LAKUKAN LAUNCHING AWAL PEKAN DEPAN

Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membuat sejarah baru dalam dunia pendidikan di Bumi Anoa. Bagaimana tidak, kampus negeri yang saat ini memiliki gedung perkuliahan di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) ini dipastikan segera membuka kampus cabang di wilayah kabupaten lain di Sultra, tepatnya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Rektor USN Kolaka, Azhari mengakui hal itu. Katanya, pembukaan kampus USN di Buteng itu sudah disetujui langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Tadi (kemarin, red) pagi saya dapat informasi resminya dari Kemenristekdikti, tinggal saya tunggu salinan aslinya,” ungkap Rektor kemarin (21/2).

Rektor menjelaskan, pembukaan kampus di Buteng itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani langsung Menteri Ristek Dikti, Mohammad Nasir, bahwa USN Kolaka diberikan kewenangan untuk mengembangkan kampus USN di Buteng. Dalam SK itu dijelaskan, pertama menetapkan Tri Darma Perguruan Tinggi pada USN Kolaka di Kabupaten Buton Tengah. Kedua, penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksud diktum ke satu merupakan pengembangan kampus USN Kolaka yang saat ini berlokasi di Kabupaten Kolaka. “Artinya, kalau tidak ada penekanan pada poin ke dua bahwa di Buteng itu merupakan pengembangan kampus USN Kolaka, sebenarnya ini sudah menjadi universitas tersendiri,” katanya.

Untuk sementara, tambah Rektor, ada tiga Program Studi (Prodi) yang tahun ini dibuka di Buteng, salah satunya Prodi Diploma IV Keperawatan. “Jadi D III Keperawatan yang kita punya sekarang itu akan menjadi D IV. Dan penerimaan Maba tahun ini rencana sudah akan dibuka di sana, kebetulan Pemda di sana juga sudah menyiapkan kami gedung yang besar untuk perkuliahan sementara, kapan saja bisa kita pakai,” ujarnya.

Lebih jauh Rektor mengatakan, kampus USN di Buteng berlokasi di daerah Mawasangka. Di sana tersedia lahan sekitar 100 hektar untuk pendirian gedung perkuliahan. “Sudah ada lahan lebih 100 hektar. Itu lahan masyarakat di sana yang secara sukarela menghibahkan untuk lokasi kampus, bahkan 70 hektar sudah ada sertifikatnya atas nama USN,” paparnya sembari mengatakan Dirjen Kemenristekdikti akan melakukan launching kampus USN di Buteng pada awal pekan depan, Senin 25 Februari 2019. (kal)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang