USN-ITB Jajaki Kerjasama Pemagangan Mahasiswa ke Luar Negeri

By Ismail Marzuki 14 Feb 2019, 06:52:33 WIBPendidikan

USN-ITB Jajaki Kerjasama Pemagangan Mahasiswa ke Luar Negeri

Keterangan Gambar : Sulfikar Sallu dengan Acep Purqon Ph.D di Gedung Fisika Bumi ITB. Foto : https://kolakaposnews.com


Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tampak serius membentuk lulusan berdaya saing global. Upaya itu dilakukan dengan gencar membangun kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Teranyar, Kampus Merah Marun itu baru saja menjajaki kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk pemagangan mahasiswa ke luar negeri.

Kerjasama itu resmi disepakati Rektor USN Azhari melalui perwakilannya Sulfikar Sallu dengan Acep Purqon Ph.D di Gedung Fisika Bumi ITB pada Jumat (8/2). Acep Purqon salah seorang dosen ITB yang memiliki relasi internasional yang juga membantu Kemenristek Dikti untuk urusan kerjasama internasional.

Sulfikar Sallu menjelaskan, ada empat pokok utama yang disepakati dalam kerjasama itu. Pertama, dosen USN yang masih bergelar master akan difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan doktor dalam multidisiplin ilmu di kampus luar negeri. Kedua, mahasiswa USN yang sudah selesai kuliah atau sementara menunggu wisuda, bisa bekerja magang di seluruh dunia. Selanjutnya, kolaborasi research penggunaan alat laboratorium luar negeri melalui kerjasama head to head. Yang terakhir kerjasama publikasi internasional melalui index international bereputasi.

Mantan dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) USN menambahkan, khusus untuk mahasiswa yang akan dimagangkan itu syarat utamanya harus mahir berbahasa Inggris. Kemudian memiliki IPK standar dan kompetensi yang dibutuhkan. “Mereka dapat bekerja magang ke Jepang, Korea Selatan, bahkan di negara-negara Eropa dan Amerika. Itu akan digaji standar yang kalau dirupiahkan paling sedikit Rp20 juta per bulan,” terang dia melalui sambungan seluler kemarin (10/2).

Untuk menindaklanjuti kerjasama itu, USN bahkan sudah mengundang Acep Purqon ke Kolaka. “Saya sudah komunikasi dengan pak Rektor, bulan Maret 2019 nanti pak Acep Purqon akan datang berkunjung di USN untuk pembekalan mahasiswa,” ujarnya.

Selain kerjasama dengan ITB, ada dua kerjasama lainnya yang dituntaskan USN selama sepekan terakhir ini. Yakni kerjasama dengan Hendrati Dwi Mulyaningsih, chairman dan founder Research Synergy Foundation yang mengelola lebih dari 600 jurnal internasional. Dengan kerjasama ini maka dosen USN bisa melaksanakan pelatihan penulisan artikel konferensi internasional hingga publikasi terindeks bereputasi internasional sesuai yang dipersyaratkan Kemenristek Dikti.

“Kemudian yang tak kalah penting adalah kerjasama dengan kantor pusat provider lembaga sertifikasi internasional LSP Multimatic. Alhadmullilah FTI USN menjadi satu-satunya lembaga resmi di Sulawesi Tenggara untuk tempat pelatihan dan pelaksanaan ujian sertifikasi internasional bidang IT, dan USN secara legal juga bisa menggunakan account turnitin untuk pengecekan plagiarsm,” pungkasnya. (kal/hen)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook