Back to homepage

Infrastruktur

TRANSPORTASI

Posisi yang strategis dimiliki Kabupaten Kolaka, sebagai pintu gerbang ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara di sebelah Barat memiliki aksesibilitas wilayah yang mudah dijangkau melalui:

  • Transportasi darat jalan trans Sulawesi di terminal Larubalangi
  • Transportasi luat (kapal fery 4 kapal/hari dan superjet
  • Transportasi udara Bandara Sangia Nibandera (2 flight/hari all destination)
  • Pelabuhan bongkar muat barand dengan muatan kapal berkapasitas 2.000 gross ton
  • Pelabuhan khusus pertambangan 5 unit
  • Pelabuhan perikanan rakyat 22 unit.

Semua wilayah kecamatan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat ukuran kecil maupun ukuran besar, sehingga dapat mendukung daya saing daerahterutama dari aspek arus lalulintas perdagangan barang dan jasa baik dari da keluar Kabupaten Kolaka.

LISTRIK

Sumber energi merupakan kebutuhan dasar yang sangat diperlukan bagi aktifitas produksi, jasa perdagangan, jasa industri, jasa transportasi, kebutuhan rumah tangga dan jasa lainnya. Listrik sebagai kebutuhan dasar dipasok PLN melalui pembangkit listrik genset diesel yang mampu menghasilkan daya sebesar 16 MW dari daya terpasang sebesar 20 MW, beban puncak pemakaian sebesar terdapat cadangan energi tersedia sebesar 1-2 MW dari cadangan energi listrik ideal sebesar 3,5-4,0 MW. Sampai dengan Desember 2012 jumlah pelanggan listrik sebanyak 30.029 sambungan dengan jumlah tenaga listrik terjual sebesar 55.244.000 KWH.

Pada masa yang akan datang sumber energi listrik pemenuhan kebutuhan industri akan dapat terpenuhi, mengingat saat ini telah terbangun jaringan interkoneksi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) dari Sulawesi Selatan ke Sulawesi Tenggara melalui Kabupaten Kolaka dan akan berfungsi pada tahun 2016. Selain itu beberapa perusahaan swasta sedanng merintis pembangunan powerplant dengan menggunakan energi terbarukan.

AIR BERSIH

Pemenuhan kebutuhan air bersih bagi pemerintahan, masyarakat, niaga dan social disuplai melalui PDAM Kabupaten Kolaka, dengan sumber bahan baku air berasal dari sungai Kolaka. Kemampuan PDAM mensuplai air bersih sebesar 155 liter/detik. Jumlah pelanggan yang terlayani tahun 2012 sebanyak 80.573 pelanggan, dengan kebutuhan air setiap bulan sebanyak 142.220 M3. Perincian lokasi pelanggan sebagai berikut :

  • Peruntukan sosial 195 pelanggan
  • Non niaga (RT) 79.714 pelanggan
  • Pemerintahan 111 pelanggan
  • Niaga 553 pelanggan

Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas bahan baku air, pemerintah daerah telah mencanangkan untuk menggunakan sungai Mangolo sebagai sumber air baku dengan sistem gravitasi.

PEREKONOMIAN

Dalam mendorong aktifitas perekonomian masyarakat, yang berasal dari sektor pertanian sebesar 44,17 % manufaktur sebesar 25,61 %, serta jasa/service sebesar swasta/masyarakat membangun sarana perekonomian didaerah meliputi:

  • Pasar Raya Mekongga, pertokoan, terminal barang, mini market, swalayan, pasar grosir Superblock Sutan Raja
  • Pelabuhan kontainer/peti kemas, pergudangan
  • Perbankan yang semuanya online (terdiri dari sembilan bank umum, tiga bank perkreditan rakyat) dan tiga asuransi penjamin.

Penyusunan arah kebijakan pembangunan perekonomian daerah difokuskan pada pembangunan infrastruktur perekonomian masyarakat dan mendorong pihak swasta untuk berperan aktif sehingga akan memperkuat daya saing daerah, mendukung alur distribusi perdagangan barang dan jasa ke dalam daerah maupun ke luar daerah, sehingga Kolaka dapat dijadikan sebagai pusat grosir Provinsi Sulawesi Tenggara.

TELEKOMUNIKASI

Kabupaten Kolaka yang terdiri dari 12 kecamatan, 33 kelurahan dan 102 desa telah dapat diakses melalui penggunaan sarana telekomunikasi telepon seluler, Telkomsel, Telkom, Axis, XL Asiata, Indosat dan penggunaan internet.

Perhubungan

Sarana transportasi udara Kabupaten Kolaka ditopang oleh Bandara Sangia Nibandera. Untuk pelabuhan terdiri dari pelabuhan bisnis (7) dan perikanan rakyat (22). Pelabuhan bisnis maksudnya palabuhan yang diperuntukkan untuk perdagangan.  Khusus penumpang terdapat satu pelabuhan yang melayani penyeberangan feri. Selain itu terdapat satu pelabuhan barang dengan kapasistas bongkar muat barang 2.000 gross ton. Masih berhubungan dengan pelabuhan bisnis, ada lima pelabuhan yang digunakan untuk pertambangan. Untuk perikanan rakyat juga tersedia sebanyak 22 pelabuhan yang tersebar di seluruh wilayah pesisir Kabupaten Kolaka. Untuk transportasi darat, terdapat empat terminal yang menghubungkan beberapa titik di Kabupaten Kolaka. Distribusi fasilitas perhubungan ini dapat dilihat dalam Grafik 6.8.

 Prasarana Perhubungan di Kabupaten Kolaka