Back to homepage

Profil Kabupaten Kolaka

PROFIL SINGKAT KABUPATEN KOLAKA

Kabupaten Kolaka terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor  59 Tahun 1959. Pada saat itu, Kolaka terdiri dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kolaka, Tirawuta dan Batuputih. Sejak berdiri sebagai kabupaten hingga saat ini, Kabupaten Kolaka telah dua kali dimekarkan menjadi wilayah daerah otonom baru yaitu Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Kolaka Timur.

Kabupaten Kolaka  Utara menjadi daerah otonomi baru berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Kolaka Utara. Sepuluh tahun kemudian, Kabupaten Kolaka Timur dimekarkan berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pembentukan Kabupaten Kolaka Timur.

Luas Wilayah daratan Kabupaten Kolaka adalah 3.283,64 km2 dan perairan laut seluas 15.000 km2 dengan panjang garis pantai 293,45 km. Kecamatan Samaturu adalah kecamatan dengan wilayah terluas yaitu 543,90 km2 atau 16,75 % dari total luas Kabupaten Kolaka sedangkan Kecamatan Polinggona merupakan kecamatan dengan wilayah terkecil yaitu 46,65 km2 atau 1,44 % dari total luas Kabupaten Kolaka.  Persentase luas wilayah kecamatan di Kabupaten Kolaka ditunjukkan pada pictogram di bawah ini.

Secara administratif wilayah Kabupaten Kolaka terdiri atas 12 kecamatan, 33 kelurahan dan 102 desa. Selain itu, Kabupaten Kolaka mempunyai beberapa buah pulau baik besar maupun kecil, yaitu : Pulau Padamarang, Lambasina Kecil, Lambasina Besar, Buaya, Pisang, Maniang dan Pulau Lemo. Batas-batas wilayah Kabupaten Kolaka dengan wilayah di sekitarnya adalah sebagai berikut :
- Utara
Kabupaten Kolaka Utara dan Kolaka Timur.
- Timur
Kabupaten Kolaka Timur.
- Selatan
Kabupaten Bombana.
- Barat
Teluk Bone.

Peta Wilayah Administrasi Kabupaten Kolaka. 


Sumber: BPS, 2014     

Kabupaten Kolaka terletak di bagian barat Provinsi Sulawesi Tenggara dengan posisi memanjang dari Utara ke Selatan, tepatnya berada pada 3o37’-4o38’ Lintang Selatan dan 121o05’-121o46’ Bujur Timur. Terletak ± 165 km dari Kota Kendari ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka merupakan pintu gerbang ekonomi sebelah barat Provinsi Sulawesi Tenggara yang dapat diakses dengan mudah melalui transportasi darat (Trans Sulawesi), laut (feri Bajoe-Kolaka dan kapal cepat Siwa-Kolaka) serta transportasi udara (Bandara Sangia Nibandera).